December 13, 2010

kata maaf sulit tapi HARUS !

kata "maaf" mungkin ada orang yang begitu gampang bilang kata maaf karena tidak begitu tahu apa makna maaf itu sendiri,, tapi ada juga beberapa orang yang sangat sulit atau "gengsi" untuk mengucapkan kata maaf !! padahal sudah jelas kalau dia memang salah !! yaa sebenernya emang kata maaf itu kalau kita mengerti maknanya apa ? mungkin kita bisa menggunakannya dengan tepat..ada orang yang minta maaf tapi setelah minta maaf kesalahan yang sama terulang lagi !! itu salah satu contoh orang yang tidak mengerti apa makna maaf itu sebenarnya !! dan ada juga orang yang setelah minta maaf malah berpikir di tiap tindakannya dan memilih untuk tidak melakukan apapun demi berlangsungnya kata "maaf" yang sebenarnya ! itu contoh orang yang bingung sama hidupnya sendiri dan termasuk orang yang takut melangkah ! yaa sebenernya gue sendiri gak begitu mengerti makna kata maaf itu sendiri dan bagaimana cara untuk menghadapinya juga gue gak tau. mungkin kembali ke pribadi masing-masing kali yah !

kata "maaf" juga sering berkaitan sama kata "salah" bukan sering lagi sih sebenernya emang begitu malah,,,nahh gue atau mungkin kamu dan bahkan mungkin juga semua orang pasti punya cerita sendiri tentang kata maaf yang tak tersampaikan ? pasti adalah, entah itu kata maaf yang gak sempat karena kita gengsinya tinggi, kadang juga gara2 kita gak emang gak mungkin menyampaikannya karena apapun yang terjadi semuanya udah lewat, kadang juga kita gak sempat bilang kata maaf itu karena kehilangan akses komunikasi sama orang yang kita mau minta maafin dan pas ketemu eeh malah lupa,,, atau yang terakhir dan paling nyangar mungkin kita belum sempat bilang kata maaf langsung sampai pada akhirnya orang yang mau kita minta maafin ninggalin kita dan dunianya atau mungkin sebaliknya *tragis ! 

dari beberapa hal itu sebenarnya kita harus paham kalau sebenarnya kesadaran kita akan kata maaf itu harus ada dan bahkan kalo bisa nancap di jantung pake paku sambil di paluin yaah bisa juga kalo lo mau mati dan masuk koran dengan tulisan : 
SEORANG ANAK MUDA TEWAS KARENA MENANCAPKAN KESADARAN TENTANG KATA MAAF DI JANTUNGNYA DENGAN MENGGUNAKAN PAKU DAN PALU ! 
tapi kalo yang baca itu koran adalah gue mungkin hal yang pertama gue lakukan adalah membakar koran itu dan memusnahkan beritanya sampe di kantor advertisenya malah !!!
lanjut ke masalah maaf yang tak tersampaikan gue sendiri punya beberapa kata maaf yang belum sempat gue sampaikan langsung ke orangnya ada juga yang gue minta maafin tapi gue gak bilang alasannya kenapa gue minta maaf ke dia ! kenapa ? yaah gue malahan akan sangat merasa bersalah kalo gue bilang sama itu orang salah gue yang sebenernya apa !! gue akan merasa orang yang paling jahat kalo sampai dia tau kenapa gue minta maaf sama dia !! ennah langsung aja gue cerita kepada siapa2 aja orang yang gue mau minta maafin dengan penuh rasa bersalah dan rasa malu gue tuliskan semuanya disini !!

orang yang paling pertama yang gue rasa kesalahan gue paling banyak dan mungkin tiap lebaran juga gue minta maaf yaitu emmak gue dan bapak gue. mama papa rori minta maaf selama ini rori belum bisa jadi anak yang baik dan sesuai harpan kalian rori juga belum bisa jadi rangking satu seperti anak temen mama waktu masi kerja dulu ! rori juga gak luluskan waktu tes masuk smp di smp favorite mama dan mama mau banget rori masuk disitu dan akhirnya masuk lewat jendela di smp yang rori juga sempat ikutin tesnya tapi gak lulus ! rori juga minta maaf karena selama rori sekolah rori baru masuk peringkat 5 besar 2 kali !! maklum maa paa persaingan cukup ketat di tempat yang rori masukin dan menurut rori juga lebih baik rori jadi anak paling bodoh ditempat orang2 pintar daripada rori jadi orang pintar di tempat orang2 bodoh !! oh iya rori juga minta maaf dari kecil rori sakit2an dan selalu menyusahkan mama papa nangis nangis sampai berujung di rumah sakit dan menghambat pekerjaan mama papa waktu itu ! rori juga minta maaf karena dulu rori pernah mecahin guci dirumah dan buang sembunyi2 bahkan rori bilang kalo itu guci dicuri orang,,,sebenernya rori udah berusaha nge-lem pake lem fox waktu itu tapi bentuknya malah gak karuan jadi terpaksa rori buang aja !! oh iya sama beberapa piring gelas dan barang2 lainnya yang sempat rori pecahin dulu maafin yaah maa paa !! maafin rori juga dari kecil rori selalu manja tiap rori di kerasin sama wiwi indra dirumah rori selalu nelvon mama di kantor !! rori tau pasti mama terganggu banget sama itu kan ? rori juga minta maaf karena waktu sd sempat belanjaiin uang bp3 sampai waktu itu mama bilang mau ngasih aku ke tukang becak aja karena bandelnya sama !! rori juga minta maaf sama papa karena rori kalo minta apa2 selalu mendesak dan sering telat bilang jadi kesannya dadakan. minta maaf juga sama papa boneka kesayangan rori yang papa belikan waktu dijakarta rori kasiin ke teman sd rori karena kasian dia gak punya boneka sama sekali !! oh iya rori juga minta maaf sama mama waktu smp sempat bantingin pintu gara2 ngotot minta di beliin sepatu yang harganya selangit tapi mama beliin nya malah sepatu yang harganya standard ! hmm oh iya maaf juga waktu mama ada masalah rori malah pergi keluar kota sama wiwi gara2 ada kawinan kakak indah kan waktu itu ? dan pas pulang malah ternyata makin nyusahin aja karena rori gak tau waktu itu masalah mama apa !
rori juga minta maaf karena tiap rori di panggil serimg lama keluarnya.sama kalu disuruh juga kalo gak nunda2 pasti rori gak kerjain,,,minta maaf juga kalo mama selalu ngamuk kalo liat keadaan kamar rori kayak kapal pecah sebenernya rori bukan malas beresinnya maa,tapi rori malas kalo udah rapiin nanti bakalan berantakan lagi !! oh iya rori juga minta maaf kalau mama merasa diatur2 sama rori dan wiwi tapi itu sebenernya bukan ngatur kok maa tapi kita berusaha buat nge-handle mama supaya gak bikin kesalahan lagi kayak dulu !!
papa juga begitu maaf kalo rori sok ngasih tau apa2 dan cenderung sok pintar kadang2 tapi rori cuma mau semua keadaan menjadi lebih baik.rori bukannya maungajarin juga atau ngerasa sok pintar tapi sekarang kan anak mama papa udah gede dan udah liat beberapa hal rori juga udah tau mana yang benar dan mana yang salah jadi kita sebagai keluarga yang Alhamdulillah utuh harus saling mengingatkan satu sama lain..rori juga minta maaf karena rori sering pergi konser gak bilang2 sama mamapapa heheh..ohh iya dan yang terakhir maaf maa paa rori di tahun 2010 ini belum sempat lulus jadi dokter gigi dan malahan buang2 uang mama papa yang udah baik banget bayarin rori masuk di universitas lain dan fakultas lain tapi rori malah gak menggunakannya dengan baik daan malahan gak pernah kekampus kayak sekarang ini alasannya selain rori masih ngarep jadi dokter gigi rori juga mau semuanya membaik dulu deehh yaah rori janji kalo rori bener2 tertakdirkan jadi dokter gigi dan di 2011 nanti rori lulus dann semua keadaan udah membaik rori JANJI bakalan kuliah seserius mungkin dan tidak akan mengecewakan lagiii I PROMISE MOM DAD !! 

RORI JUGA JANJII KALO RORI AKAN MEMBAHAGIAKAN MAMA PAPA NANTI SAAT RORI SUDAH BENER2 SUKSES DAN RORI AKAN MEMBAHAGIAKAN MAMA PAPA LEBIH DARI BAHAGIA YANG UDAH MAMAPAPA KASIH I PROMISE I PROMISE !!!

setelah mama papa orang yang gue mau minta maafin adalah wiwi dan indra hahahaha iya mereka sodara2 guee yang gue gak tau mau minta maaf apa eehh banyak siih sebenernya yaudah deeh gue minta maaf !! hmmm minta maaf yang pertama sori wiwi gue sering jengkelin waktu masih kecil sebenernya gue kurang mengerti kenapa gue bisa bikin lo jengkel waktu masih kecil ? karena gini gue waktu masih kecil seingat gue niih jarang banget gerak malahan gue segan buat bikin apa2 yaah tau sendiri gue pemalu dan sedikit pendiam malahan tiap gue datang dan mau pdkt sama lo malah di bantingin pintu kan ? sama gue juga kurang mengerti kenapa lo jengkel sama gue tiap lo pulang dari maen sama temen lo pasti lo ujung2nya ngomel2 gak jelas ke gue ? yaahh mungkin juga kesalahan gue adalah karena waktu itu gue belum berhasil jadi adek yang asik kaya sekarang ( kepedean luarbiasa). oh iya ada beberapa hal yang gue mau minta maafin ke lo sebenernya gue pernah ninggalin cardigan hitem lo yang sering lo cari2 selama ini itu gue titipin di kakak kelas gue waktu gue di diksar dann gue juga bingung yang gue titipin itu siapa sampai pada akhirnya gue ngeliat kaka kelas gue yang gak tau diri itu make itu cardigan disekolah tapi udah lewat lama banget..dan kayaknya juga si kakak kelas gue itu juga bener2 lupa deeh kalo cardigan yang dia pake itu buakn punyanya !! gue juga minta maaf deeh kalo gue sering marah kalo lo pergi sama temen2 lo dan gue sendiri dirumah tapi gue sok2 ngelarang lo bukan karena kalo lo pergi gak ada yang beresin ini rumah tapi gue kesepian banget gak ada lo dirumah,, cuma gue malu aja ngomong kayak gini ke lo !! abis kalo gue bilang bgitu paling lo ketawa dan bilang gue banci banget yakan ? gue juga minta maaf dan makasih banget karena sebagai anak perempuan mama yang paling rajin lo sering beresin rumah sendiri tanpa gue bantu ! tapi dulukan mama sering ngambil pembantu tapi lo malah marah2 karena cara itu pembantu beresin rumah gak beres makanya semua pembantu pada kabur gara2 loo !! tapi sebenernya bukan kesalahan lo utuh kok salah kita semua heheh terutama gue yang terlalu manja dan kurang tau diri kalo semua sudah di beresin pasti gue berantakin lagi eehh tapi lo juga sama indra kaan bgitu juga yakan ? maaf juga belakangan gue sering gangguin lo kalo lama bangun dan nyuruh lo cepet2 bangun padahal gue tau lo itu punya penyakit insomnia yang udah ganjal di tubuh lo sejak sma tapi gue malah sering ngagetin dan bikin lo marah pagi2 tau gak sih kalo niat gue itu baikk ? gue niatnya bangunin lo pagi2 karena gue pagi2 bawaannya pengen cerita dan ketawa2 sama lo kayak biasaa.. itu yang gue sennenggin kalo lo bangun lebih pagi dari gue dan ngetuk2 kamar gue trus duduk depan tv cerita2 sambil minum susu that great moment yang sering gue tunggu2 !! udah deh gue minta maafnya sama lo intinya gue sayang banget sama lo dan bener2 kehilangan banget tanpa lo !! oh iya sama satu gue sekarang udah sering balekin lo sama kata2 yang sering lo bilang ke gue kan quote nya tuh gini "kalau lo punya masalah sama orang lain jangan ikut2an marah dong sama gue" ingat kan ? jadi tolong yahh kakak kuu yang kata teman2 ku dan memang kenyataannya lebih cantik dari gueee jangan marah2 ke gue kalo lo punya masalah sama orang lainn okee ?
next mas indra ispujianto kebingungan gue ke lo sama dengan kebingungan gue sama wiwi !! gue bingung mau minta maaf apa ? kenapa waktu gue masih kecil lo sering banget marahin gue ? bahkan lo ingat gak waktu lo smp dan ikut ekskul karate dan waktu itu gue ingat persis lo masih lengkap dengan baju putih dengan sabut hijau lo dan waktu itu dekat mesin cuci gue gak tau salah gue apa dan lo malah nendangin gue kan ?? gue langsung lari nangis nelvon mama di kantor !! sumpah itu adalah hal yang paling gue ingat waktu itu !! sebell gue tapi gue juga merasa bersalah meskipun gue gak tau salah gue apa ? yaah sama kayak mbak wiwi gue juga minta maaf deeh sama lo kalo misalnya waktu gue kecil muka jelek gue ini bikin lo kessel sama wiwi !! gue bahkan sempet nyermin jangan2 ada tulisan di jidat gue "PUKUL DONG" makanya kalian jengkel setengah mati sama gue !! tapi yaudah laahh gue maafin kok bahkan itu jadi cerita yang bikin gue ketawa kalo gue ingat !! oh iya gue juga minta maaf sering males ngomong sama lo karena gue mengerti banget kalo apa yang gue bilang itu pasti gak bakalan nyampe di pikiran lo ! mungkin lo yang terlalu pintar iya emang lo pintar dari kecil !!! gue ngerasa gak bisa ngomong sama lo selain karena takut lo baca tulisan "PUKUL DONG" di jidat gue, gue juga takut kalo nanti maksud yang lo dapat gak nyambung dengan maksud gue yaahh kan dari kecil kita gak begitu akrab !! makanya gue gak bisa akrab sama lo seakrab gue dengan wiwi !! oh iya tapi pas lo pulang dari jakarta kemaren kayaknya lo beda deeh lo jadi kakak yang mengerti sedikittt,,, yaah sepertinya ibu kota mengajarkan banyak hal sama lo ! oh iya gue minta maaf sama lo kalo selama ini gue sering repotin lo minta diantar sana sini gak karuann,,, ini karena gue gak punya pacar ndraaa dan hanya lo yang bisa gue andalkan !! oohh iya sempet ada di fikiran gue kan lo sama wiwi beda 2 tahun jadi lo deket sama wiwi gue pernah bahkan pengen banget kakak alm.wahyu septian nur hidup lagi karna gue juga sama dia kan beda 2tahun pasti kalo dia masih ada gue bakalan ada yang jagain banget dan deket banget deeh !!
gue pernah loh dateng di kuburannya dan ngomongin ini ke dia !! tapi percuma laah...yaa gue udah 18 tahun punya kakak cowok tapi gue ngerasain bener2 punya kakak cowok baaru 1 tahun ini !!! bahkan beberapa bulan ini !! oh iya gue juga minta maaf mungkin lo sangat tersinggung sama kata2 gue dan mungkin juga itu yang nyadarin lo kalo mimpi lo untuk membuka WO(wedding organizer) belum sekarang !! maaf banget kalo lo tersinggung sama kata2 gue apapun itu ! maksud gue sama sekali bukan seperti yang lo maksud gue sangat mendukung lo tapi gak sekarang ndra mungkin setelah semuanya membaik dan keadaannya gak kayak sekarang dan kemaren2 !! gue rasa lo ngerti hal itu makanya lo memilih untuk kembali ke ibu kota thats what i mean dan terbukti setelah lo sadar pikiran gue adalah apa yang lo sadari !! cukup deh minta maaf sama lo nya berdua !! gue bener2 sayang kalian sayang keluarga kita yaah mungkin gue yang paling muda tapi asal kalian tau apapun yang kalian rasakan gue juga pikirkan dan sangat pertimbangkan !! gue selalu mempertimbangkan dengan melihat segala sisi kok bukan cuma dari satu sisi seperti yang lo bilang wiii !!! yaah mungkin gue sempat salah karena terlalu menuntut lebih dari kalian semua tapi gue cuma gak mau mama papa wiwi indra salah langkah !! rori sayang kaliann dan rori butuh kalian !! rori mau kalian bisa bahagia karena kebahagiaan kalianlah yang membangun kebahagiaan rori menjadi 100 % bahagia and the last i just wanna say DAMN I LOVE THIS FAMILY !!

secara gak langsung gue sangat meminta maaf sama bestfriend the best ever pokoknya laah yaa gue minta maaf sama lo navira !!!gue minta maaf karena dulu waktu kita pertama kenal gue sempat nyeritain lo kalo lo itu adalah anak yang sombong dan sok !! dan gue SANGAT MINTA MAAF karena gue sempat musuhin lo laammmaaaaa banget waktu smp dan bahkan waktu itu lo juga hampir di musuhin sama satu kelaskan ? gue minta maaf banget atas hal2 buruk yang gue lakukan waktu itu !! habis lonya jugakan yang kekanak2an banget jujur kan lo waktu itu nyeritain dan jelek2in gue di depan guru kesayangan lo pak siapa lagi nama guru agama kita waktu itu ? gue lupa yaah mungkin karna saking bencinya gue sama guru itu makanya gue lupa !! yaah pokoknya gue minta maaf banget sama hal itu vyrr dan gue bersyukur banget setelah kita musuhan apa berkah yang kita dapat ? kita malah sedekat sekarang ini kan ? yaah dan gue juga minta maaf nih vyrr atas sikap gue yaah mungkin lo ngerti bangetlaah sama sikap gue apalagi sikap gue yang cuek dan tidak begitu peduli sama hal2 bodoh !! gue juga minta maaf sama tanggepan gue kalo denger cerita lo tentang mantan lo heril ? gue tau lo sayang dan gue juga tau lo bener2 berat buat lepasnya tapi nyadarlaahhh vyrr atas perkataan dan keritikan pedas gue itu harusnya lo malah bangkit dan sadar kalo hidup tuh masih panjang !!!! lo cantik lo baik dan lo nyaris sempurna !! gue juga sedikit sensitif kalo lo bahas soal badan lo yang kegemukan !! gimana gue gak sensi vyrr lo taukan dulu waktu kita masi rajin2nya jogging gue berhasil bikin lo turun berapa banyakk ? eehh lo malah lupa dan biarin lo jadi gemuk lagii !! gue minta maaf banget juga kalo gue suka nolak ajakan lo karena gue udah terlanjur janji sama orang !! tau dong vyrr gue orangnya kalo udah janji harus di tepatin makanya gue memprioritaskan siapa yang lebih dulu atau siapa yang lebih penting !! lo juga taukan apapun yang gue lakukan pasti penuh pemikiran jadii gue taulaahh lom pasti udah ngerti gue bangett !! pokoknya vyrr lo tuh temen gue yang paliiiiiinnnggg gue sayangggg :*

minta maaf sama pheiy,rhaty,ninink,yunus,edhu,dyar,issak,isram,anang dannn sahabat2 smp gue yang laiiinn karena gue belum bisa jadi teman yang baik buat kalian dan belum bisa sesempurna yang kalian harapkan!

minta maaf sama yaya,chabun,waode,nanna,kak ilo,kak ahong dan lain2 maaf karena pertemanan kita dan kebersamaan kita waktu dulu gak bisa panjang !! dan gue kangenn banget sama kaliann !!

minta maaf sama orang yang dulu tabrakan sama gue dala terowongan di TK MERPATI POS karena gue udah marah2 dan nunjukin lo padahal gue tau kalo gara2 kejadian itu kita pasti sama2 jennong kayak sekarang!

minta maaf sama yuni dini yudi karena gue udah jarang ngumpul sama kalian kayak waktu masih kecil maklum sekarang banyak keterbatasan jadi gue kurang bisa tapi kalo kalian rajin jemputin gue pasti gue ikut kok ! maaf juga karena gue belum bisa jadi sepupu yang begitu baik buat kalian dan sepupu2 yang lain !! saya sanagat mencintai kalian karena sudah bikin masa kecilku lebih berwarna !!!

minta maaf sama ahmadwatik,hamdaniwidodo,kevinrivaldo dan fahminovandi maafff banget karena selama kita pacaran gue gak pernah benar2 mencintai dan menyayangi kalian seperti yang kalian harapkan dan seperti kalian sayang ke gue !! gue udah minta maaf langsung kan sama kalian satu2 ? tapi gue gak bilang alasannya apa yaah alasannya ini !! maaf juga karena sebenernya gue memacari kalian karena gue mau melupakan orang yang udah mencuri hati gue dan membuangnya thats andi fahmi febriawal lo satu2nya mantan yang gue gak minta maafin karena gue rasa gue gak punya salah sama lo !! dann sekali lagi gue minta maaf sama lo watik,dani,aldo,fahmi karena gue udah jahat sama kalian !! gue tau cara gue salah dan bahkan gue sadar setelah melepaskan kalian semua dari hidup gue !! sekali lagi maaf !!

minta maaf sama MAFIAAA KU SAYANGGG maaf karena gue jelek pesek dan lebih jelek dari kakak gue dan sedikit susah buat menyatu sama kalian dulu bahkan gue deket banget sama kalian setelah hampir pisahh !! jujur kalian teman2 terbaik gueee dann gue sayangii bangetttt !!! sekali lagi maafin gue karena gak sesempurna kalian semua dan maafkan juga karena dulu gue sempat sinis banget sama kalian semua sebelum gue bener2 ngerti kalo gue sayang kalian dan butuh kalian di hidup gue !!!

minta maaf sama orang2 yang udah deketin gue dan gue gak bisa sebutkan namanya karena gue gak bisa nerima kalian seperti yang kalian harapkan !!! karena gue nganggap kalian teman dan sulit buat gue merubah rasa ini !!! sekali lagi maaaff maaafff sekaliii !!

minta maaf sama achang,pepi,andi,mo,botiq,septian dan lain2 maafff karena gue sering merepotkan kalian !! suka bikin susah kalian dan seringg banget mungkin bikin kalian jengkel dan sebel sama gue !! gue sayang kaliann semua apapu itu yang udah kalian ciptakan dan lakukan buat gue gak akan ada gantinya !! kalian ngajarin gue banyak hal ! kalian menyadarkan gue kalau dunia itu ada dan kalian sudah bikin saya sedikit rusak hahahahah tapi terimakasih dannn maaf sebesar2nya karena gue belum bisa membahagiakan kalian seperti kalian membahagiakan gue !! ohh iya lupa meidaaaaa sorry for everithing yaahhh ;)

minta maaf sama kamar gue yang jarang gue bersihkan !!! minta maaf sama kucing2 gue yang gue sayangiii mulai dari bogel,rio,kucluk,miu,cumi,patmi,nemos 1,nemos 2, nemos 3, orimin, monyet, baqito,paqito,dan terakhirr torroooo maafkan guee yaah suka main2 sama kalian tapi agak malas ngasih makan hahahah maafin juga keran sering maksa kalian main sama gue kalo gue bete !! juga suka main2in terutama si patmi main2in pake kemoceng bulu ayam dann maaf buat yang udah di buang sama mama di pasar gue gagal mempertahankan kalian *hiks tapi jujur gue sayang banget sama kalian !!!

minta maaf sama al-fath dan jerro notbuk dan komputer pc yang sering gue paksa begadang dan gue andelkan banget buat kerja tugas guee !!! maaf juga karena foto2 gue yang banyak kalian jadi keberatan !!!

minta maaf sama semuanya deeehh mungkin masih banyak kaliyaahh tapi kok yang gue ingat banget itu ajaa ?? oh iya minta maaf sama pacarnya pheiy yang udah nganggap gue penyebab masalahnya !! maaff yaahh maafiinn gue apapun itu gue gak bermaksud kok !!! maaf juga buat semua orang yang masuk dalam daftar celaan gue !! apalagi yang bikin gue ketawa sampai gak bisa berenti nyelaaa !!! maafff maaaaff bangetss !!

dann harus kita akui semua manusia gak ada yang gak punya kesalahan semua punya salah sekecil apapun itu ,,, gak ada orang yang suci dari salah !! gue berani mengakui kesalahan gue apapun itu kalau memang terbukti bhkan gue minta maaf kalau terjadi kesalahpahaman !!! gue minta maaf samaaa seeemuaaaanyaaa !!! the last i  just wanna say tanpa sadar sama kesalahan kita kita gak bakalan bisa jadi manusia yang lebih baik dari sebelumnya !! pengalaman adalah guru yang paling pintar !! karena dari pengalaman banyak pelajaran ;)

1 comment:

  1. ndg bisa ma berkata-kata lagi,,hahah

    smoga kata MAAF itu bisa membawa kedamaian dlm perjalanan hidu mu.

    ReplyDelete